Daerah

Poktan di Baktiya Peroleh Bantuan Pupuk, Bibit Padi dan Racun Hama

ACEH UTARA – Kelompok tani (poktan) di Gampong Alue Bili Rayeuk, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara menerima bantuan berupa pupuk, bibit padi unggul hingga pestisida.

Bantuan tersebut berasal dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Aceh (LPMA) dan komunitas Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) bekerja sama dengan Pemerintah Aceh Utara dan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA).

Proses penyerahan bantuan diadakan di Meunasah Gampong Alue Bili Rayeuk, Selasa (17/10/2023) pagi.

Ketua Umum LPMA, Gumarni, menyampaikan bantuan itu diberikan dalam rangka mendukung tercapainya ketahanan pangan nasional dan menciptakan generasi muda Aceh menuju petani milenial.

“Maka untuk itu, Kita membentuk kelompok-kelompok tani di Aceh. Ini (pemberian bantuan) tahap ketiga yang dilaksanakan,” ucap Gumarni.

Dia mengatakan, sebelumnya bantuan serupa diserahkan LPMA kepada poktan di Kecamatan Nisam Antara dan Nisam. Untuk poktan di Gampong Alue Bili Rayeuk, LPMA dan komunitas AMANAH memberikan bantuan pupuk sebanyak 14 ton lebih, bibit padi unggul 200 sak lebih.

“Batuan ini Kita berikan kepada petani sawah khususnya kelompok tani Gampong Alue Bili Rayeuk yang terdiri dari 40 orang dengan luas lahan sawah sekitar 30 hektare,” ujarnya lagi.

Ia berharap dengan adanya bantuan semacam ini nantinya dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk melahirkan generasi muda milenial bisa bertani. Pemuda-pemuda lain di Aceh diharapkan juga gemar bertani.

“Jangan hanya orang-orang tua saja yang melakukan aktivitas itu, karena kesuksesan dalam bidang pertanian itu akan menjadi kemajuan suatu daerah, terlebih masyarakat Aceh pada umumnya banyak yang bertani,” tuturnya.

Pola seperti ini, menurutnya, harus dikembangkan ke depan nantinya. Sehingga, kesejahteraan masyarakat Aceh akan tumbuh dan angka kemiskinan pun bisa tertekan.

“Program ini tentunya akan dilanjutkan ke seluruh Aceh, juga bekerja sama dengan pihak BPMA bagaimana di daerah yang memiliki potensi migas akan ada program-program pertanian seperti ini,” imbuh Gumarni.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Erwandi yang turut hadir pada penyerahan bantuan itu mengatakan, pihaknya sangat mendukung program yang dilaksanakan LPMA. Program ini tentunya dapat meringankan beban Pemkab Aceh Utara.

“Karena, sebagaimana diketahui bersama, bahwa dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah daerah akan lebih optimal lagi apabila didukung oleh lembaga-lembaga semacam ini,” kata Erwandi.

Kegiatan seremonial penyerahan bantuan itu dihadiri Ketua Umum LPMA dan Komunitas AMANAH, Gumarni, dan hadir juga mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf dan temannya, serta unsur Muspika Baktiya dan sejumlah masyarakat setempat.[]

Chief Editor

Nama lengkap Saya Jamaluddin, S.Kom Kalau Jamal lain yang tidak punya S.Kom berarti itu bukan Saya.

Recent Posts

Ciptakan Situasi Kondusif Personil Sat Samapta Rutin Patroli Wilayah Kota

LHOKSEUMAWE, – Sat Samapta Perintis, Polres Lhokseumawe Polda Aceh meningkatan intensitas patroli di berbagai pusat…

5 jam ago

Cegah Guantibmas Polsek Nisam Patroli Humanis

ACEH UTARA Personil Polsek Nisam Polres Lhokseumawe Polda Aceh melakukan patroli Humanis untuk mencegah terjadinya…

5 jam ago

Panwaslih Aceh Sosialisasi Pengawasan Penguatan Kapasitas Bagi Panwascam Aceh Utara

ACEH UTARA - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menggelar sosialisasi pengawasan untuk penguatan kapasitas kepada…

6 jam ago

Kapolres Lhokseumawe Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Propam ke 22

LHOKSEUMAWE - Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto, S.I.K, melalui Kasi Humas Salman Alfarisi, menyampaikan ucapan…

7 jam ago

Apel Kesiapan Linmas Kecamatan Simpang Kramat dalam Rangka Pilkada 2024

ACEH UTARA, Dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Linmas Kecamatan Simpang Kramat mengadakan…

7 jam ago

Cegah Guantibmas Polsek Muara Dua Rutin Patroli malam

LHOKSEUMAWE – Dalam upaya meningkatkan keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, Polsek Muara Dua…

7 jam ago