News

Fakta-fakta Kebakaran di SMAN 6 Jakarta, Satpam Sekolah Tewas

Sibernusantara.com, Jakarta— Kebakaran melanda SMAN 6 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Satu dari empat panel listrik yang berada di sebuah bangunan baru di sekolah tersebut hangus terbakar.

Akibatnya, satpam sekolah SMAN 6 Jakarta meninggal dunia usai memadamkan api kebakaran. Lalu, bagaimana awal mula kejadiannya? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Awal Mula Kebakaran di SMAN 6 Jakarta

SMAN 6 Jakarta kebakaran pada Jumat (29/8/2023). Kapolsek Metro Kebayoran Baru Kompol Tribuana Roseno mengatakan kebakaran berawal dari adanya ledakan sekitar pukul 08.30 WIB.

Roseno menyebut saksi 1 yakni tukang bangunan bernama Rahmat langsung memanggil Cecep saat mendengar suara ledakan di sekolah.

“Sekira pukul 08.30 WIB, pada saat saksi sedang memasang keramik lantai di dekat panel listrik, kemudian saksi 1 mendengar suara ledakan kemudian saksi melihat keluar asap dan api dari panel listrik, selanjutnya saksi langsung memanggil petugas security Saudara Cecep Kohar,” ujarnya.

2. Penyebab Kebakaran

Kebakaran terjadi di area Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Jakarta. Kapolsek Metro Kebayoran Baru Kompol Tribuana Roseno mengatakan kebakaran diduga karena korsleting listrik.

“Kebakaran terjadi dugaan korsleting listrik yang berasal dari panel listrik,” kata Kompol Tribuana Roseno kepada wartawan, Jumat (29/9/2023).

3. Ada 2 Korban

Panel listrik di SMAN 6 Jakarta Selatan terbakar. Dua orang jadi korban, satu di antaranya meninggal dunia yaitu satpam sekolah.

“Korban pertama (petugas keamanan sekolah) mendengar ledakan pada panel, lalu korban mengambil APAR di ruang guru dan mencoba memadamkan api. Api berhasil dipadamkan, namun korban terlalu banyak menghirup asap sampai tidak sadarkan diri. Kemudian korban dilarikan ke rumah sakit, pihak rumah sakit menyatakan korban meninggal dunia,” demikian keterangan Sudin Damkar Jaksel, Jumat (29/9).

Adapun korban kedua selamat. Saat ini, korban sedang menjalani perawatan intensif di RSPP akibat sesak napas.

Jumaidi (60), petugas kebersihan di SMAN 6 membenarkan ada seorang satpam yang meninggal dunia dalam peristiwa ini. Dia menyebut awal mula kebakaran diketahui setelah adanya kepulan asap dari dalam ruangan panel.

“Iya satpam (meninggal). Korbannya ada dua, satu satpam sama satu orang TU (Tata Usaha),” kata Jumaidi saat ditemui di SMAN 6.

“Awal ketahuannya ada asap, ngebul. Terus dipadamin pake alat itu (APAR). Abis madamin, yang satpam itu pingsan, terus dibawa ke rumah sakit,” imbuhnya.

4. Satpam Sekolah Tewas Usai Padamkan Api Kebakaran

Satpam SMAN 6, Cecep Kohar meninggal dunia. Korban sempat memadamkan api kebakaran di sekolah tersebut menggunakan tabung APAR besar yang sudah kadaluarsa. Kompol Tribuana Roseno menuturkan api berhasil dipadamkan oleh Cecep.

“Kemudian korban langsung mengambil tabung APAR besar bersama 2 orang lainnnya, selanjutnya korban langsung masuk ke dalam ruangan panel listrik dan langsung menyemprotkan tabung APAR besar, sehingga api dapat dikuasai oleh korban dengan menggunakan 1 buah APAR besar yang sudah kadaluarsa (2016),” ujarnya.

Dia mengatakan asap dan debu APAR memenuhi isi ruangan panel listrik yang sempat terbakar tersebut. Roseno menyebut jika Cecep terjatuh, lalu tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit.

“Sehingga ruangan panel listrik tersebut dipenuhi asap dan debu APAR, setelah korban dapat menguasai api tersebut, korban Saudara Cecep Kohar langsung bersandar di tiang besi garasi parkiran motor, kemudian korban terjatuh tidak sadarkan diri dan langsung dilarikan ke rumah sakit RSPP,” ucapnya.

5. Penyebab Satpam Sekolah Tewas

Satu orang meninggal dunia dalam insiden kebakaran panel listrik di SMAN 6 Jakarta. Ia adalah Cecep Kohar, satpam di sekolah tersebut.

Polisi mengatakan Cecep meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit. Korban diduga meninggal akibat menghirup gas karbon dari APAR kadaluarsa yang telah disemprotkan.

“Korban meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. Korban meninggal dunia diduga akibat menghirup gas karbon yang di keluarkan atau semprotkan dari APAR besar berwarna oranye yang sudah kadaluarsa 2016,” ujar Kapolsek Metro Kebayoran Baru Kompol Tribuana Roseno.

6. Kondisi Terkini

Kabel listrik di SMAN 6 Jakarta terbakar. Kondisi panel listrik yang terbakar tampak hangus dan memutih setelah disemprot alat pemadam api ringan (APAR). Kabel-kabel yang tersambung ke panel juga ikut hangus.

Sisa kebakaran juga berserakan di lantai ruangan tersebut. Bau hangus masih tercium di lokasi.

Selain itu, ada juga bau menyengat lainnya yang tercium, diduga bau tersebut merupakan kandungan dari sisa-sisa semprotan APAR.

Sebanyak tiga APAR masih terlihat di lokasi yang terdiri dari 2 ukuran besar dan 1 ukuran kecil. APAR ini yang digunakan oleh satpam dan juga staf TU SMAN 6 untuk memadamkan api.[]

Chief Editor

Nama lengkap Saya Jamaluddin, S.Kom Kalau Jamal lain yang tidak punya S.Kom berarti itu bukan Saya.

Recent Posts

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tanam Pohon di Istana: Langkah Nyata untuk Pelestarian Lingkungan

JAKARTA  -Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kegiatan penanaman pohon di halaman…

16 jam ago

Solidaritas untuk Korban Banjir, Abu Heri Aksi Cepat di Trumon

Aceh Selatan - Anggota DPR Aceh T. Heri Suhadi, SP, yang akrab dipanggil Abu Heri,…

18 jam ago

RSUD Cut Meutia Gratiskan Biaya Pengobatan Bocah Korban Penyiraman Air Keras

ACEH UTARA - Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia (RSUDCM) Aceh Utara, bakal membebaskan atau…

18 jam ago

Cegah Guantibmas, Polres Lhokseumawe Intensifkan Patroli di Pasar Tradisional

LHOKSEUMAWE - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar tradisional, Polres Lhokseumawe melaksanakan…

22 jam ago

Polsek Samudera pengamanan Arus Lalin pada giat Strong Point Pagi

LHOKSEUMAWE, Dalam upaya mengantisipasi kemacetan lalu lintas di simpang keude Pasar Geudong Kec. Samudera, Anggota…

22 jam ago

Patroli Polisi di Lhokseumawe Sambangi Rumah Paslon Pilkada, Ini Tujuannya

LHOKSEUMAWE - Polres Lhokseumawe terus berupaya menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada…

22 jam ago