Daerah

Untung Sangaji Ajak Masyarakat Budidaya Anggur Moon Drop

Sibernusantara.com, Aceh Utara — AKBP (Purn) Untung Sangaji mengajak masyarakat untuk memanfaatkan peluang membudidayakan tanaman anggur moon drop. Mantan Kapolres Aceh Utara ini akan membudidayakan anggur jenis tersebut di Pantai Bantayan, Kecamatan Seunuddon.

“Anggur moon drop ini sudah Saya cangkok dan akan Saya budidayakan di Aceh Utara khususnya di Pantai Seunuddon (Pantai Bantayan),” kata Untung Sangaji kepada Sibernusantara.com, Rabu (27/9/2023).

Dikatakan, anggur jenis moon drop berbeda dengan jenis anggur biasa. Butiran anggur yang biasanya bulat, tapi anggur moon drop berbeda dan bentuknya lonjong dengan rasa manis segar yang istimewa.

“Bentuknya lonjong sampai empat hingga lima senti. Bagus ini. Nanti Saya kasih nampak waktu Saya bawa ke Seunuddon,” ujarnya lagi.

Dikutip detikcom sebagai bahan tambahan, anggur ‘moon drop’ memiliki warna ungu gelap cenderung ke hitam. Anggur jenis ini memiliki tekstur yang renyah jika digigit. Rasanya manis dan juicy. Sangat cocok jika disantap bersama keju. Anggur ‘moon drop’ ini muncul secara musiman.

Biasanya anggur moon drop dipanen pada bulan Agustus hingga November. Anggur banyak tersedia di supermarket besar di Amerika Serikat. Di Indonesia, anggur ini juga dijual di beberapa supermarket dan toko buah premium.

Sebelumnya, Untung Sangaji dikenal sebagai sosok Polisi yang pintar memanfaatkan peluang di sekitar tempat ia berdinas.

Seperti saat menjabat Kapolres Aceh Utara, ia berhasil mencetak batako dan gelas dari tanah liat, kulit kerang hingga membuat kancing baju dari batok kelapa. Kemudian ia juga turut membudidayakan tanaman durian musang king hingga kopi Gayo berlogo Untung Sangaji dan banyak kekreatifan lainnya yang digagas Untung Sangaji.

Jiwa Untung Sangaji memang identik dengan kreatifitas. Bahkan, saat berdinas sebagai Kapolres Merauke, ia juga terus mengembangkan kreatifitasnya bersama masyarakat di sana. Ia tidak bosan mengajak masyarakat Merauke untuk memanfaatkan peluang usaha.[]

Chief Editor

Nama lengkap Saya Jamaluddin, S.Kom Kalau Jamal lain yang tidak punya S.Kom berarti itu bukan Saya.

Recent Posts

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tanam Pohon di Istana: Langkah Nyata untuk Pelestarian Lingkungan

JAKARTA  -Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kegiatan penanaman pohon di halaman…

16 jam ago

Solidaritas untuk Korban Banjir, Abu Heri Aksi Cepat di Trumon

Aceh Selatan - Anggota DPR Aceh T. Heri Suhadi, SP, yang akrab dipanggil Abu Heri,…

17 jam ago

RSUD Cut Meutia Gratiskan Biaya Pengobatan Bocah Korban Penyiraman Air Keras

ACEH UTARA - Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia (RSUDCM) Aceh Utara, bakal membebaskan atau…

18 jam ago

Cegah Guantibmas, Polres Lhokseumawe Intensifkan Patroli di Pasar Tradisional

LHOKSEUMAWE - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar tradisional, Polres Lhokseumawe melaksanakan…

21 jam ago

Polsek Samudera pengamanan Arus Lalin pada giat Strong Point Pagi

LHOKSEUMAWE, Dalam upaya mengantisipasi kemacetan lalu lintas di simpang keude Pasar Geudong Kec. Samudera, Anggota…

22 jam ago

Patroli Polisi di Lhokseumawe Sambangi Rumah Paslon Pilkada, Ini Tujuannya

LHOKSEUMAWE - Polres Lhokseumawe terus berupaya menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada…

22 jam ago