Daerah

Tanggul Jebol Ribuan Rumah di Kecamatan Samudera Terendam Banjir

Foto:Kondisi banjir memasuki pemukiman warga di kecamatan samudera/Selasa 05 September 2023

Lhoksukon- Hujan deras melanda Aceh Utara dan sekitranya mengakibatkan ribuan rumah di 10 Gampong di Kecamatan Samudera terendam banjir, Selasa (5/9) sekitar pukul 02.00 WIB.

Sepuluh desa tersebut yaitu, Desa Kitoe, Madan, Tanjong Hagu, Krueng Baro Langgahan, Teuping Blangan, Tanjong Baroh, Tanjong Rengkan Tanjong Mesjid, Tanjong Paya Terbang dan Tanjong Awe.

Camat Samudera, Ilyas mengatakan banjir itu diakibatkan tiga titik tanggul jebol di Desa Tanjong Awe, Tanjung Hagu Tanjung Rengkam,mengakibatkan air masuk ke pemukiman warga den merendamkan ribuan rumah.

Foto:Kondisi Banjir di Kecamatan Samudera Aceh Utara

Sementara tanggul di Desa Tanjong Hagu, dan Tanjong Rengkan sedang ada perbaikan tanggul. Sehingga air dari sungai masuk ke permukiman warga,” kata Ilyas kepada awak media.

“Kita himbau kepada masyarakat agar tetap waspada, jika air semakin tinggi maka segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Selain itu juga diminta kepala desa agar segera melapor jika ada warga yang mengungsi agar disalurkan bantuan masa panik,” ujarnya.

Sedangkan itu, untuk warga Gampong Madan saat ini mulai mendirikan posko dan dapur umum. “Didesa ini sekitar 300 jiwa warga terancam akan mengungsi jika curah hujan semakin tinggi,”katanya.

Salah seorang warga, Halimah mengatakan untuk saat ini dia bersama keluarganya masih bertahan di rumahnya. “”Belum mau mengungsi. Kalau kami mengungsi gimana barang-barang kami. Nanti kalau air makin tinggi kami mengungsi,”katanya.

Upaya sementara terpantau di sejumlah titik banjir pihak muspika samudera meninjau kondisi banjir dilapangan untuk memastikan kondisi terkini banjir semakin meluas dan melakukan koordinasi dengan BPBD Aceh Utara.[]

Redaksi

Recent Posts

Polsek Dewantara Tingkatkan Patroli Malam Jaga Kamtibmas

Lhokseumawe - Polsek Dewantara tingkatkan patroli Dialogis di sejumlah lokasi di Wilkum Kec. Dewantara wilayah…

18 jam ago

Polantas Lhokseumawe Pastikan Jalur Aman dan Lancar Selama Cabor Paramotor dan Paralayang PON XXI

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka memastikan kelancaran arus lalu lintas dan keamanan selama pelaksanaan cabang olahraga…

18 jam ago

Patroli Presisi Polres Lhokseumawe Jaga Keamanan Venue PON XXI di Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Guantibmas) selama berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional…

18 jam ago

Cegah Guantibmas, Polres Lhokseumawe Intensifkan Patroli di Pasar Tradisional

LHOKSEUMAWE - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar tradisional, Polres Lhokseumawe melaksanakan…

18 jam ago

Polsek Simpang Keuramat Latih Siswa SMP Negeri 3 Disiplin Melalui Baris-Berbaris

LHOKSEUMAWE – Personel Polsek Simpang Keuramat memberikan pelatihan baris-berbaris (PBB) kepada siswa SMP Negeri 3…

18 jam ago

Polsek Dewantara rutin patroli kawasan pusat keramaian

ACEH UTARA Personil Polsek Dewantara Polres Lhokseumawe Polda Aceh melakukan patroli Dialogis di pusat keramaian…

2 hari ago