Daerah

PMI Aceh Utara Bantu Korban Kebakaran di Dayah Darul Abrar Sawang

Foto:Istimewa

ACEH UTARA – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Aceh Utara menyalurkan bantuan ke Dayah Darul Abrar yang mengalami musibah kebakaran di Desa Blang Reuling, Kecamatan Sawang, Jumat, 1 September 2023.

Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Kamis, sekitar pukul 9.00 WIB saat para santri sedang menggarap sawah yang lokasinya tidak jauh dari dayah. Gumpalan asap hitam muncul dari kejauhan, para santri yang melihat langsung berlarian ke kompleks dayah berusaha memadamkan api dengan dibantu warga.

“Tetapi si jago merah dengan cepat menyebar dan menghanguskan 1 asrama dengan 8 unit bilik (kamar) yang ditempati santri putra,” ungkap Fuadi, Kabid Penanggulangan Bencana PMI Aceh Utara yang berada di lokasi kejadian.

Dari informasi di lapangan, penyebab kebakaran diduga akibat korsleting (hubungan pendek) arus listrik. Armada pemadam kebakaran yang tiba di lokasi berhasil memadamkan api, namun bangunan asrama berkonstruksi semi permanen itu tak dapat diselamatkan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Selain menghanguskan perlengkapan dan peralatan santri, api ikut menghanguskan kitab-kitab serta sejumlah alat elektronik berupa 2 unit laptop, printer, dan lainnya.

Usai mendapat kabar musibah tersebut, rombongan PMI Aceh Utara mengantarkan sejumlah bantuan kepada korban kebakaran. Bantuan itu berupa beras, sembako, kain sarung, family-kit dan lain-lain.

Ketua PMI Aceh Utara Tantawi, usai penyaluran bantuan mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PMI untuk korban musibah kebakaran di dayah tersebut.

“Kita turut berduka atas musibah ini, semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh santri serta dewan guru yang mengalami musibah,” ungkapnya.

Tantawi menambahkan, bahwa dukungan moril dan materil ini diharapkan dapat meringankan beban korban yang ditimpa musibah.

“Sambil menunggu bantuan lainnya dari pemerintah, kita juga berencana mengusulkan pembangunan kembali asrama santri melalui Pemerintah Aceh nantinya,” imbuh Tantawi yang juga anggota DPR Aceh ini.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Dayah Darul Abrar Tgk Sulaiman Ishak menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian PMI Aceh Utara yang telah membantu meringankan beban santrinya.

“Alhamdulillah atas kehadiran PMI Aceh Utara, kami ucapkan terima kasih atas kepedulian PMI Aceh Utara, bantuan ini sangat bermanfaat bagi santri disini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Tgk Sulaiman menyebut bahwa asrama ini ditempati oleh 20 santri, 9 diantaranya tidak sempat menyelamatkan barang-barangnya yang habis terbakar.

“Santri yang menempati asrama ini merupakan anak-anak dari warga kurang mampu yang berasal dari desa di sekitar dayah, ada juga yang dari luar daerah,” tuturnya.

Dayah Darul Abrar yang dipimpin Tgk Sulaiman Ishak didirikan pada tahun 1998 silam, saat ini santri baik putra maupun putri di dayah tersebut sekitar 400 orang. []

Redaksi

Recent Posts

Polsek Dewantara Tingkatkan Patroli Malam Jaga Kamtibmas

Lhokseumawe - Polsek Dewantara tingkatkan patroli Dialogis di sejumlah lokasi di Wilkum Kec. Dewantara wilayah…

17 jam ago

Polantas Lhokseumawe Pastikan Jalur Aman dan Lancar Selama Cabor Paramotor dan Paralayang PON XXI

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka memastikan kelancaran arus lalu lintas dan keamanan selama pelaksanaan cabang olahraga…

17 jam ago

Patroli Presisi Polres Lhokseumawe Jaga Keamanan Venue PON XXI di Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Guantibmas) selama berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional…

17 jam ago

Cegah Guantibmas, Polres Lhokseumawe Intensifkan Patroli di Pasar Tradisional

LHOKSEUMAWE - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar tradisional, Polres Lhokseumawe melaksanakan…

17 jam ago

Polsek Simpang Keuramat Latih Siswa SMP Negeri 3 Disiplin Melalui Baris-Berbaris

LHOKSEUMAWE – Personel Polsek Simpang Keuramat memberikan pelatihan baris-berbaris (PBB) kepada siswa SMP Negeri 3…

17 jam ago

Polsek Dewantara rutin patroli kawasan pusat keramaian

ACEH UTARA Personil Polsek Dewantara Polres Lhokseumawe Polda Aceh melakukan patroli Dialogis di pusat keramaian…

2 hari ago