Daerah

Babinsa Bantu Warga Panen Cabai di Tanah Pasir

Aceh Utara – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/TNP Kecamatan Tanah Pasir, Kabupaten Aceh Utara turut membantu petani dalam memanenkan cabai, Kamis (10/8/2023).

Pada dasarnya Babinsa memang dituntut berperan aktif melaksanakan pendampingan kepada para petani, dimulai dari penyuluhan, pengolahan lahan, penanaman hingga panen. Hal tersebut sangatlah penting dalam rangka menyukseskan program pemerintah khususnya di bidang ketahanan pangan.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 12/TNP, di jajaran Kodim 0103/AUT, Serda Andi Saputra, yang aktif melaksanakan pendampingan kepada petani. Seperti yang dilakukan di lahan milik warga di Desa Ule Tanoh, Kec. Tanah Pasir, Kabupaten Aceh Utara.

“Saat ini, para petani sibuk panen cabai yang merupakan salah satu komoditas yang ada di wilayah Aceh Utara, sehingga kami turun untuk membantu warga tersebut,” kata Serda Andi.

Serda Andi menambahkan, hal ini selaras dengan program Kodim 0103/Aceh Utara tentang Ketahanan Pangan.

Dandim 0103/AUT, Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P, M.I.P, juga berpesan, kepada para Babinsa, untuk mendukung program Pangdam Dan Kasad, tentang memperkuat Ketahanan Pangan dan menjadi solusi bagi masyarakat, sehingga terjalin Kemanunggalan TNI dan Rakyat yang kuat.

Menurutnya, salah satu tujuan melakukan pendampingan, yakni dengan cara membantu petani cabe rawit, mulai dari melakukan perawatan yang baik dan benar sesuai arahan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kendala dan permasalahan yang dihadapi masyarakat petani cabe berkaitan dengan musim kemarau ini.

Dikatakan pula sebagai Babinsa, yang merupakan ujung tombak dari satuan Koramil 12/Tnp, dirinya selalu siap membantu masyarakat khususnya di wilayah binaan. Dan berharap kepada masyarakat agar tidak perlu risih dan segan untuk selalu koordinasi dan memberikan informasi seputar kegiatan pertanian.

“Kami selalu membuka diri untuk petani berkaitan persoalan pertanian, karena sudah menjadi tugas kami untuk menjalin komunikasi dan kebersamaan dengan warga,” jelasnya.

Untuk di ketahui, Serda Andi dalam kegiatan tersebut tidak hanya memanen cabai, namun dalam kesempatan itu juga Serda Andi yang bertugas sebagai Babinsa, juga melakukan Panen Terong bersama para petani, di Desa Ule Tanoh, Kecamatan Tanah Pasir.[]

Chief Editor

Nama lengkap Saya Jamaluddin, S.Kom Kalau Jamal lain yang tidak punya S.Kom berarti itu bukan Saya.

Recent Posts

Polsek Dewantara Tingkatkan Patroli Malam Jaga Kamtibmas

Lhokseumawe - Polsek Dewantara tingkatkan patroli Dialogis di sejumlah lokasi di Wilkum Kec. Dewantara wilayah…

19 jam ago

Polantas Lhokseumawe Pastikan Jalur Aman dan Lancar Selama Cabor Paramotor dan Paralayang PON XXI

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka memastikan kelancaran arus lalu lintas dan keamanan selama pelaksanaan cabang olahraga…

19 jam ago

Patroli Presisi Polres Lhokseumawe Jaga Keamanan Venue PON XXI di Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Guantibmas) selama berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional…

19 jam ago

Cegah Guantibmas, Polres Lhokseumawe Intensifkan Patroli di Pasar Tradisional

LHOKSEUMAWE - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar tradisional, Polres Lhokseumawe melaksanakan…

19 jam ago

Polsek Simpang Keuramat Latih Siswa SMP Negeri 3 Disiplin Melalui Baris-Berbaris

LHOKSEUMAWE – Personel Polsek Simpang Keuramat memberikan pelatihan baris-berbaris (PBB) kepada siswa SMP Negeri 3…

19 jam ago

Polsek Dewantara rutin patroli kawasan pusat keramaian

ACEH UTARA Personil Polsek Dewantara Polres Lhokseumawe Polda Aceh melakukan patroli Dialogis di pusat keramaian…

2 hari ago