Nasional

Anak Ferdy Sambo, Tribrata Putra Lolos Seleksi Akpol 2023

JAKARTA – Tribrata Putra Sambo berhasil menjadi salah satu dari 300 peserta yang lolos seleksi calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol). Polri menyatakan bahwa, semua orang berhak mengikuti seleksi masuk Akpol dan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi calon taruna, asalkan mereka melewati semua tahapan seleksi dan memenuhi syarat yang ditetapkan.

“Iya benar masuk Akpol sesuai kapasitasnya,” ujar Kepala Biro Pengendalian Personel (Karo Dalpers) SSDM Polri Brigjen Nurworo Danang seperti dikutip dari detikcom, Kamis (27/7/2023).

Tribrata Putra Sambo adalah anak kedua dari mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Danang menerangkan semua orang bisa berkesempatan yang sama untuk menjadi catar Akpol, dengan catatan melewati semua tahapan seleksi dan memenuhi syarat.

“Semua memiliki kesempatan yang sama atau equality,” ucap Danang.

Tahapan seleksi masuk Akpol mencakup pendaftaran, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan psikologi, pemeriksaan mental dan kepribadian, tes akademik, tes jasmani, dan pemeriksaan penampilan. Proses seleksi juga melibatkan Densus 88 Antiteror Polri untuk mendeteksi calon taruna Akpol yang memiliki faham radikal atau intoleran.

Setelah lulus dari Akpol, para taruna akan menjadi perwira Polri dengan tugas pokok dan fungsi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, serta aparat penegak hukum. Oleh karena itu, para taruna harus memiliki paham ideologi Pancasila.

Untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam proses seleksi, SSDM Polri bekerja sama dengan sejumlah pengawas eksternal, termasuk Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kompolnas, Ombudsman, serta beberapa LSM.

“Untuk mengawasi dan memastikan bahwa proses seleksi catar Akpol benar-benar bersih, transparan dan akuntabel sebagaimana prinsip BETAH dalam penerimaan catar Akpol 2023,” pungkas Danang.[]

JF

Recent Posts

Polsek Dewantara Tingkatkan Patroli Malam Jaga Kamtibmas

Lhokseumawe - Polsek Dewantara tingkatkan patroli Dialogis di sejumlah lokasi di Wilkum Kec. Dewantara wilayah…

17 jam ago

Polantas Lhokseumawe Pastikan Jalur Aman dan Lancar Selama Cabor Paramotor dan Paralayang PON XXI

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka memastikan kelancaran arus lalu lintas dan keamanan selama pelaksanaan cabang olahraga…

17 jam ago

Patroli Presisi Polres Lhokseumawe Jaga Keamanan Venue PON XXI di Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Guantibmas) selama berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional…

17 jam ago

Cegah Guantibmas, Polres Lhokseumawe Intensifkan Patroli di Pasar Tradisional

LHOKSEUMAWE - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar tradisional, Polres Lhokseumawe melaksanakan…

17 jam ago

Polsek Simpang Keuramat Latih Siswa SMP Negeri 3 Disiplin Melalui Baris-Berbaris

LHOKSEUMAWE – Personel Polsek Simpang Keuramat memberikan pelatihan baris-berbaris (PBB) kepada siswa SMP Negeri 3…

17 jam ago

Polsek Dewantara rutin patroli kawasan pusat keramaian

ACEH UTARA Personil Polsek Dewantara Polres Lhokseumawe Polda Aceh melakukan patroli Dialogis di pusat keramaian…

2 hari ago