Polri

Tumbuhkan Jiwa kewirausahaan masyarakat, mahasiswa KKN STIE Lhokseumawe jadikan Inovasi Olahan Bunga Telang sebagai ide jualan

LHOKSEUMAWE – Mahasiswa KKN STIE Lhokseumawe dibawah supervisi Maryana, S.E, M.Si, Ak melakukan satu kegiatan pengabdian masyarakat sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat Gampong Baroh Blang Rimueng Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu, 22 Juli 2023.

Para mahasiswa/i yang bergabung dalam kelompok 5 mencoba melakukan inovasi dalam mengolah bunga telang sebagai ide jualan yang ekonomis.

Dalam sambutannya Nabila Tuljannah, salah satu peserta KKN mengatakan ide ini muncul karena tumbuhan bunga telang dapat tumbuh dengan mudah. Masyarakat khususnya di gampong dapat memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan yang kosong untuk menanami tumbuhan telang ini.

Nabila menambahkan, untuk menghasilkan makanan atau minuman dari bunga telang warga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena sebagian bahan pelengkap lainnya juga terdapat di pekaragan rumah, seperti jeruk nipis.

Maryana, S.E, M.Si, Ak yang juga sebagai pemateri menyampaikan, bunga telang selain digunakan sebagai pewarna alami makanan juga dapat digunakan sebagai minuman segar yang memiliki nilai jual yang tinggi dan biaya yang rendah.

Pada saat pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tim Pengmas melakukan praktik mengolah aneka puding bunga telang dan minuman segar.

“Dengan kegiatan ini harapan kami warga untuk dapat memanfaatkan telang yang ada di lingkungannya sebagai salah satu sumber pendapatan, misalnya menbuat minuman segar kemudian menitipkan penjualannya di warung-warung yang ada disekitarnya,” harap Maryana. []

MA

Recent Posts

Polsek Dewantara Tingkatkan Patroli Malam Jaga Kamtibmas

Lhokseumawe - Polsek Dewantara tingkatkan patroli Dialogis di sejumlah lokasi di Wilkum Kec. Dewantara wilayah…

16 jam ago

Polantas Lhokseumawe Pastikan Jalur Aman dan Lancar Selama Cabor Paramotor dan Paralayang PON XXI

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka memastikan kelancaran arus lalu lintas dan keamanan selama pelaksanaan cabang olahraga…

16 jam ago

Patroli Presisi Polres Lhokseumawe Jaga Keamanan Venue PON XXI di Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Guantibmas) selama berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional…

16 jam ago

Cegah Guantibmas, Polres Lhokseumawe Intensifkan Patroli di Pasar Tradisional

LHOKSEUMAWE - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pasar tradisional, Polres Lhokseumawe melaksanakan…

16 jam ago

Polsek Simpang Keuramat Latih Siswa SMP Negeri 3 Disiplin Melalui Baris-Berbaris

LHOKSEUMAWE – Personel Polsek Simpang Keuramat memberikan pelatihan baris-berbaris (PBB) kepada siswa SMP Negeri 3…

16 jam ago

Polsek Dewantara rutin patroli kawasan pusat keramaian

ACEH UTARA Personil Polsek Dewantara Polres Lhokseumawe Polda Aceh melakukan patroli Dialogis di pusat keramaian…

2 hari ago