News

DWP Kemenag Salurkan Beasiswa untuk 672 Penerima

JAKARTA – Pada momentum Idul Adha 1444 Hijriah, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) memanfaatkannya untuk menyerahkan beasiswa kepada 672 orang penerima. Para penerima beasiswa tersebut adalah putra-putri dari keluarga di lingkungan Kemenag.

Beasiswa ini merupakan hasil kerjasama antara Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag RI dan DWP Kemenag. Pemberian secara simbolis dilakukan di Kantor Pusat Kemenag di Jl Lapangan Banten 3-4, Jakarta, pada Sabtu (1/6/2023).

Halimah Zainut Tauhid, Wakil Penasihat DWP Kemenag RI, menyatakan bahwa pemberian bantuan dana pendidikan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama, khususnya keluarga Kemenag yang membutuhkan dukungan pendidikan. “Harapannya, dengan bantuan ini, para penerima beasiswa dapat merasakan kebahagiaan dan keceriaan, serta mendapatkan semangat dan harapan baru untuk masa depan mereka dalam mengejar pendidikan yang lebih baik,” ujarnya.

Beasiswa ini diberikan dua kali setahun, persemester. Pencairan dilakukan pada bulan Mei untuk semester pertama dan bulan Desember untuk semester kedua. Jumlah total penerima beasiswa sebanyak 672 orang, dengan rincian sebagai berikut: UP Sekjen: 247 anak, UP Itjen: 73 anak, UP Pendis: 105 anak, UP PHU: 30 anak, UP Balitbang: 103 anak, UP BPJPH: 21 anak, UP Bimas Islam: 86 anak, UP Bimas Kristen: 2 anak, UP Bimas Katolik: 2 anak, UP Budha: 3 anak

Program ini ditujukan untuk beberapa kategori, yaitu honorer, yatim, mahasiswa yatim, dan mahasiswa honorer. Setiap anak menerima biaya pendidikan sebesar Rp800 ribu per semester. Sehingga total dana beasiswa yang diberikan adalah sebesar Rp537.600.000 per semester atau Rp1.075.200.000 per tahun.

Farikhah Nizar Ali, Ketua DWP Kemenag RI, menjelaskan bahwa pembagian beasiswa ini merupakan program kerja DWP tahun 2023, khususnya Beasiswa Pendidikan untuk yatim dan yatim piatu di lingkungan Kemenag. Sumber dana beasiswa berasal dari potongan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag. Hal ini merupakan bentuk saling memberi dan menerima di antara mereka, dari sesama anggota Kemenag untuk putra-putri mereka.

Wakil Penasihat DWP juga berharap agar dana pendidikan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para penerima. Dia berharap agar mereka dapat meningkatkan prestasi belajar dengan lebih baik lagi dan sukses dalam mencapai tujuan mereka, sehingga dapat membanggakan orang tua, bangsa, dan agama.[]

JF

Recent Posts

Ciptakan Situasi Kondusif Personil Sat Samapta Rutin Patroli Wilayah Kota

LHOKSEUMAWE, – Sat Samapta Perintis, Polres Lhokseumawe Polda Aceh meningkatan intensitas patroli di berbagai pusat…

11 jam ago

Cegah Guantibmas Polsek Nisam Patroli Humanis

ACEH UTARA Personil Polsek Nisam Polres Lhokseumawe Polda Aceh melakukan patroli Humanis untuk mencegah terjadinya…

11 jam ago

Panwaslih Aceh Sosialisasi Pengawasan Penguatan Kapasitas Bagi Panwascam Aceh Utara

ACEH UTARA - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menggelar sosialisasi pengawasan untuk penguatan kapasitas kepada…

12 jam ago

Kapolres Lhokseumawe Sampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Propam ke 22

LHOKSEUMAWE - Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto, S.I.K, melalui Kasi Humas Salman Alfarisi, menyampaikan ucapan…

13 jam ago

Apel Kesiapan Linmas Kecamatan Simpang Kramat dalam Rangka Pilkada 2024

ACEH UTARA, Dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Linmas Kecamatan Simpang Kramat mengadakan…

13 jam ago

Cegah Guantibmas Polsek Muara Dua Rutin Patroli malam

LHOKSEUMAWE – Dalam upaya meningkatkan keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, Polsek Muara Dua…

13 jam ago