Featured

Terapkan PHBS, Dinkes Aceh Utara Pinta Pihak Sekolah Berantas Jentik Nyamuk

ACEH UTARA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara mengeluarkan himbauan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan upaya pemberantasan jentik nyamuk.

Kepada media Siber Nusantara.com, rabu (30/5/2024), Kadinkes Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM, melalui Kabid Kesmas Samsul Bahri, SKM, MKM, mengatakan, Langkah ini diambil sebagai langkah preventif untuk mengurangi risiko penularan penyakit yang biasanya meningkat selama musim hujan, terutama demam berdarah. Dinkes mengingatkan bahwa genangan air yang menjadi sarang jentik nyamuk dapat menjadi sumber penyebaran penyakit yang berbahaya bagi masyarakat.

Selain itu, kata Samsul, sekolah-sekolah di Aceh Utara didorong untuk aktif melakukan pemeriksaan dan pembersihan potensi tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti genangan air di sekitar area sekolah. Selain itu, pihak sekolah juga diminta untuk melakukan penyuluhan kepada siswa-siswi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk. Langkah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih bersih dan aman dari potensi penyakit.

Tidak hanya di dalam area sekolah, tlpemerintah daerah juga mengajak masyarakat sekitar sekolah untuk berpartisipasi aktif dalam upaya pemberantasan jentik nyamuk. Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari ancaman penyakit selama musim hujan, tegas Samsul.

Selain itu, pemerintah juga akan mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang upaya pemberantasan jentik nyamuk kepada masyarakat secara berkala. Melalui kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan melawan penyakit dapat meningkat di kalangan masyarakat Aceh Utara. Dengan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, diharapkan upaya pemberantasan jentik nyamuk dapat berhasil dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat untuk semua.

Meskipun tantangan dalam pemberantasan jentik nyamuk mungkin tidak mudah, namun dengan kerjasama antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih bersih dan bebas dari risiko penyakit. Kami berharap seluruh pihak untuk bersama-sama berperan aktif dalam menjaga kesehatan masyarakat selama musim hujan yang akan segera tiba, pungkasnya. (adv)

MA

Recent Posts

Polsek Banda Sakt Tingkatkan Patroli dinLokasi Wisata Pantai Ujong Blang

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, personel Polsek Banda Sakti melaksanakan patroli…

10 jam ago

Polres Lhokseumawe Gelar Pengamanan Jalur Gunung Salak, Utamakan Keselamatan Wisatawan

LHOKSEUMAWE - Polres Lhokseumawe melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di jalur lokasi wisata…

10 jam ago

Ciptakan Situasi Kondusif Masa Libur Maulid Nabi Muhammad S.A.W, Sat Samapta Intensifkan Patroli Kota

LHOKSEUMAWE, – Sat Samapta Perintis, Polres Lhokseumawe Polda Aceh meningkatan intensitas patroli di berbagai wilayah…

10 jam ago

Personil Polsek Dewantara Pengamanan Maulif Muhammad SAW di Mesjid Besar Bujang Salim

ACEH UTARA, . Personil Polsek Dewantara Polres Lhokseumawe Polda Aceh melaksanakan kegiatan Apel dan Dilanjutkan…

10 jam ago

Personil Sat lantas laksanakan Pengawalan rombongan Atlet Terbang Layar PON XXI Aceh-Sumut

LHOKSEUMAWE – Guna memastikan kelancaran dan keamanan selama PON XXI Aceh-Sumut cabang olahraga Terbang layang,…

10 jam ago

Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Muara Satu Patroli Lokasi Wisata Pantai Rancung

LHOKSEUMAWE, Untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (guantibmas), Polsek Muara Satu Polres Lhokseumawe melaksanakan…

10 jam ago